thumb

Disperpusip Kota Pontianak Gelar Kegiatan Literasi dengan Mengulas Lagu Puitis Manjakani dalam Rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2024

Perpustakaan Kota Pontianak Gelar Kegiatan Literasi dengan Mengulas Lagu Puitis Manjakani.

 

Sabtu, 14 September 2024, Berkata Lewat Nada (BERANDA) acara literasi musik yang dipersembahkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pontianak dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2024. Beranda dihadiri oleh Para Penulis, Pegiat Literasi, Bujang Dare, Duta Bahasa, Forum Anak, Forum Genre, Aisec, Kopermekha Bekate, Pablos, Mahasiswa, Pelajar hingga masyarakat umum, lebih dari 100 orang hadir pada acara ini.

 

Beranda mengulas lebih dalam makna dari karya musik Manjakani. Manjakani merupakan duo musisi asal Kota Pontianak yang sudah banyak dikenal di Indonesia dengan beragam lagu puitisnya.

Menurut Manjakani, "Literasi itu mengekspresikan", menyampaikan cerita dengan lirik serta musik. Menghasilkan lirik dengan diksi juga gaya bahasa yang tidak biasa, dikembalikan kepada penikmatnya untuk merelasikan lirik terhadap dirinya.

 

Pentingnya kemampuan dasar membaca untuk mencapai pemahaman yang matang sehingga membekali manusia menjadi bijak. Literasi lebih dari sekadar persoalan berapa banyak bacaan buku yang dibaca, namun juga kemampuan menyerap bacaan tersebut.

Dengan membaca kemudian memahami lirik lagu, ditambah dengan menyanyikannya diharapkan terasa lebih mengena pada hati manusia.

Lirik lagu yang kuat dapat menyebarkan pesan literasi pada benak yang menikmatinya.

 

Berliterasi melalui musik dengan Beranda Disperpusip Kota Pontianak diharapkan dapat mengembangkan wawasan individu dalam memahami bacaan menjadi lebih bermakna.